Diagram dan Peripheral Komputer

Tips dan Trik ~ Cara kerja Komputer dapat di gambarkan dengan diagram berikut;




1.  1.     Input Device
Input device adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah atau alat yang digunakan untuk memerima input dari luar sistem ke Komputer.

Alat yang tergolong ke dalam Input device adalah sebagai berikut:
a.     a.  Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input (peralatan masukkan) yang dapat digunakan oleh seorang operator (User) untuk berkomunikasi dengan sistem komputer. Keyboard mempunyai bentuk tombol seperti pada mesin ketik yang memiliki sederetan tombol karakter dan simbol.
b.     b. Mouse
Mouse merupakan alat penggerak pointer atau kursor yang berguna untuk mempercepat dan mempermudah proses pekerjaan. Hampir semua komputer yang berbasis windows identik dengan mouse untuk menggerakkan kursor atau pointer dalam memilih menu dan toolbar yang tersedia.
c.    c. Scanner
Scanner yaitu alat yang dapar menghasilkan salinan sebuah image yang berupa gambar (Objek) atau teksyang disimpan dalam sebuah file yang berekstensi bmp, jpg dan doc. Hasil scan dapat diolah atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

2. 2.      Output Device
Output Device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilaksanakan oleh komputer. Output device dapat dihasilkan melalui hard copy, soft copy dan drive device.
Peralatan yang termasuk Output device antara lain:
a.       a. Monitor
Monitor adalah sebagai media keluaran (Output) yang berguna untuk  melihat hasil pekerjaan yang dilakukan melalui media input. Monitor sering disebut dengan istilah VDU (Visual Display Unit), CRT(Cathoda Ray Tube), Screen dan Layar. Semakin besar ukuran monitor dan resolusinya, maka semakin mahal harga monitor tersebut.
CRT merupakan komponen yang dapat mengendalikan sinar elektron dan catu daya, CRT merupakan tabung hampa udara yang berbentuk kerucut dan dilapisi dengan fosfor didalam bagian ahir yang luas dan sebuah senapan elektron di ujung layar yang sempit.
b.      b. Printer
Printer adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan cetakan berupa tulisan (teks), gambar melalui kertas maupun melalui film.
Jenis-jenis printer antara lain:
-          Dot Matrix
-          Ink Jet
-          Laserjet
c.       c. CD RW (Compact Disc Read/Write)
Sesuai dengan perkembangan komputer saat ini, setiap anda membeli sebuah PC (Personal Computer) pasti dilengkapi dengan CD ROM / DVD ROM, dan CD R/W / DVD R/W. Kegunaan alat ini bukan hanya untuk mendengarkan musik (multiledia) saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan data dan keperluan instalasi.
CD ROM dapat dibedakan menurut kecepatannya, yaitu mulai dari 8x, 16x, 24x, 32x, 40x, 48x, 62x, 60x. Semaikn tinggi kecepatannya akan semakin mahal harganya.
d.      d. Disket / Floppy disk
Disket atau disebut juga dengan floppy disk adalah alat untuk menyimpan data yang merupakan hasil dari suatu pemrosesan oleh komputer. Data yang telah disimpan kedalam disket, suatu saat dapat dilihat, diedit dan dapat dihapus kembali.
e.      e. I/O ports
I/O ports adalah kepanjangan dari Input / Output yang digunakan untuk memerima dan mengirim data keluar sistem
f.        f. CPU (Central Processing Unit)
CPU / Prosessor adalah satu sirkuit terpadu atau dengan istilah lain disebut dengan microprosessro yang merupakan otak dari komputer yang merupakan pusat pengolahan dan pusat pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer.
Bagian-bagian CPU adalah sebagai berikut:
-          ALU (Aritmathic Logical Unit) adalah bagian yang melaksanakan pekerjaan perhitungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, penyusunan data, membandingkan data dan mempertemukan data.
-          CU (Control Unit) adalah bagian yang bertugas mengontrol dan mengkoordinir semua sistem komputer dalam melakukan proses pengolahan data.
-          Memory adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori utama sifatnya Volatile, artinya tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan, bila sumber daya energi listrik alirnnya diputuskan.
g.       g. RAM (Random Access Memory)
Semua data dan program yang dimasukkan memalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, Khususnya RAM, yang dapat di akses secara acak (dapat siisi/ditulis, diambil atau dihapus) oleh program.
h.      h. ROM (Read Only Memory)
ROM hanya dapat dibaca, sehingga program tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM telah dibuat oleh pabrik pembuatnya berupa Sistem Operasi yang terdiri dari program yang diperlukan oleh sistem komputer, misalnya program untuk menampilkan karakter, tombol terkunci pada papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. (bootstrap diperlukan pada saat pertamakali sistem komputer dijalankan).
Memory / Strorage dalam sistem komputer terdiri dari tiga jenis yaitu sebagai berikut:
-          Internal strorage (Main Strorage), yaitu untuk menampung data dan program / instruksi dari input device untuk selanjutnya diolah oleh CPU. 
-          Auxilliary storage, yaitu dapat membantu main storage dalam pengolahan dan berada diluar bangunan dengan main storage, dan bersifat sementara waktu sementara pengolahan sedang berlangsung.
-          External storage yaitu untuk menyimpan data diluar main storage dalam waktu yang relatif lama.
i.        i. Data bus
Databus yaitu jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
  
j.        j. Address bus
Address bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.
k.       k. Control bus
Control bus digunakan untuk mengontrol penggunaan akses ke data bus dan address bus.


----- *Jangan Lupa Komentarnya ya?* -----