Cara Merawat Peripheral Komputer / PC

      Tips dan Trik ~ Peripheral adalah peralatan komputer (PC) yang sangat diperlukan sebagai pendukung (support) bagi sebuah PC. Komputer terdiri dari beberapa macam peralatan (komponen) yang saling berkaitan dan mempunyai kegunaan atau fungsi masing-masing pada setiap komponen. Peripheral (komponen) terletak atau terpasang di dalam sebuah Casing/Box/Kotak komputer. Nah, komputer juga memerlukan perawatan dari gangguan kotoran, debu dan karat agar agar kinerja PC tersebut tetap terjaga.


Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan untuk membersihkan Peripheral :

1.   Kuas
          Kuas adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan pada komponen komputer dari debu atau kotoran seperti pada : keyboard, monitor, mouse, printer, scanner, dll.

2.   Obeng (+/-)
          Obeng diperlukan untuk memperbaiki atau membuka dan menutup skrup pada komponen komputer dan sekaligus untuk menguatkan tutup casing dan komponen komputer. Obeng yang biasa digunakan ada yang berukuran sedang, kecil, dan sedang, baik obeng minus (-) maupun obeng plus (+).

3.   Tang
          Tang dapat digunakan untuk memotong dan menjepit pada peralatan komponen komputer. Tang yang digunakan diantaranya adalah tang lancip dan tang potong, bail yang berukuran sedang maupun yang berukuran besar.

4.   Penyedot Debu
          Penyedot debu sama seperti kuas yang dapat digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya seperti pada keyboard, FAN, printer, scanner, dll. Cara penggunaan penyedot debu ini lebih mudah dan lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan kuas.

5.   Kain Kering
          Kain kering dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran atau cairan yang dapat diakibatkan oleh debu dan kotoran, percikan air minum berwarna, percikan tinta printer, dan sebagainya. Apabila cairan tersebut yang menempel pada peripheral tidak segera dibersihkan, maka dapat pudar atau rusaknya komponen dan konsleting pada rangkaian arus listrik.

6.   Tisu
          Tisu mempunyai sifat mudah menyerap cairan. Tisu ini dapat digunakan untuk mengetes lancar tidaknya tinta pada cartridge printer model inkjet, serta membersihkan kotoran pada drum printer model Laserjet.

7.   Disk Cleaner
          Disk cleaner dapat digunakan untuk membersihkan disk drive apabila penggerak disk tersebut tidak dapat membaca Floppy disk (disket) yang dapat ditimbulkan oleh kotoran atau debu maupun goresan. Disk drive dapat dibersihkan selain dengan menggunakan Disk cleaner, dapat juga dengan menggunakan cairan lain seperti alkohol 75% dengan bantuan cutton buds.

8.   Cd Cleaner
          Cd cleaner hampir sama dengan Disk cleaner yaitu dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dari debu maupun goresan. CD drive dapat juga dibersihkan dengan menggunakan cairan lain seperti alkohol 75% dengan diteteskan kedalam permukaan CD.

9.   Cairan Pembersih
          Cairan pembersih digunakan untuk menghilangkan noda atau kotoran seperti seperti : Tinta, kotoran binatang dll. Cairan pembersih dapat digunakan pada monitor, casing, printer, scanner, dll.

10. Multitester
          Multitester banyak digunakan hampir di semua pelayanan jasa service, seperti: elektronik, komputer, motor, mobil, dll. Multitester digunakan untuk mengukur tegangan kapasitas kondensator elektrolit, hambatan, arus listrik, dan tegangan.

11. Solder 
          Solder digunakan untuk mematri atau melepas komponen IC. Selain itu juga dapat digunakan untuk melubangi benda yang terbuat dari bahan plastik, dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Selain menggunakan solder, mematri juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan lain seperti timah yang digunakan sebagai perekat untuk menempelkan IC tersebut.



----- *Jangan Lupa Komentarnya ya?* -----