Program Mikrokontroller 7 Segmen Berjalan AT89s52

berikut ini adalah contoh program sederhana bahasa assembly untuk mikrokontroller untuk menampilkan data ke 7 segmen berjalan pada IC Mikrokontroller AT89S52


ORG 0H
LJMP    MULAI
ISI_BUFFER:
    MOV    7CH,#08H
    MOV    R0,#70H
ULANG:
    MOV    A,7EH
    MOVC    A,@A+DPTR
    MOV    @R0,A
    INC    DPTR
    INC    R0
    DJNZ    7CH,ULANG
    RET
DIS8SEG:
    MOV    7BH,#08H
    MOV    R1,#70H
    MOV    78H,#07FH
ULANG2:
    MOV    A,@R1
    MOV    P0,A
    INC    R1
    MOV    A,78H
    MOV    P2,A
    RR    A
    MOV    78H,A
    LCALL    DELAY
    MOV    P0,#0FFH
    MOV    P2,#0FFH
    DJNZ    7BH,ULANG2
    RET
DELAY:
    MOV    79H,#0E0H
DELAY1:
    DJNZ    79H,DELAY1
    RET
DISPLAY:
    MOV    7AH,#050H
DISPLAY1:
    LCALL    DIS8SEG
    DJNZ    7AH,DISPLAY1
    RET
MULAI:
    MOV      7EH,#1
    MOV    7DH,#8
NEXTDATA:
    MOV    DPTR,#ELRAHMA
    LCALL    ISI_BUFFER
    LCALL    DISPLAY
    INC    7EH
    DJNZ    7DH,NEXTDATA
    LCALL    DISPLAY
    LCALL    DISPLAY
    LCALL    DISPLAY
NEXTDATA2:
    DEC    7EH
    MOV    DPTR,#ELRAHMA
    LCALL    ISI_BUFFER
    LCALL    DISPLAY
    MOV    A,7EH
    CJNE    A,#0,NEXTDATA2
    LCALL    DISPLAY
    LCALL    DISPLAY
    LCALL    DISPLAY
    LJMP    MULAI

ELRAHMA:    DB    98H,0CCH,0ADH,0ADH,0EEH,0CDH,0FFH,0C8H,0CEH,0EAH,81H,0ACH,0ADH,0ADH,81H,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH
END


port 0 digunakan sebagai port data yang berfungsi untuk menampilkan data yang diproses oleh mikrokontroler sedangkan pada port2 digunakan sebagai port kendali yang berfungsi untuk mengendalikan data yang ditampilkan ke display 7 segment...
port data dan port kendali saling berkaiatan untuk dapat menampilkan data pada 7 segmen....

silahkan bagi yang ingin belajar dasar mikrokontroler AT89s52

----- *Jangan Lupa Komentarnya ya?* -----

7 Kelebihan Setan ( Patutkah Kita Tiru ...? )




Setiap makhluk ciptaan Allah , pastinya punya kelebihan. Termasuk Syetan loh !? ^_^

========================================


Setan dan manusia memang pada dasarnya 2 makhluk yang berbeda.

Manusia pada umumnya pasti benci kepada setan. Namun, di balik niat jahatnya ternyata setan mempunyai banyak sifat “yang perlu kita tiru”

1. Pantang menyerah
Setan tidak akan pernah menyerah selama keinginannya untuk menggoda manusia belum tercapai. Sedangkan manusia banyak yang mudah menyerah dan malah sering mengeluh.

2. Kreatif
Setan akan mencari cara apapun dan bagaimanapun untuk menggoda manusia agar tujuannya tercapai, selalu kreatif dan penuh ide. Sedangkan manusia ingin enaknya saja, banyak yang malas.

3. Konsisten
Setan dari mulai diciptakan tetap konsisten pada pekerjaannya, tak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan manusia??? Banyak manusia yang mengeluhkan pekerjaannya, padahal banyak manusia lain yang masih ngaggur dan membutuhkan pekerjaan.

4. Solider
Sesama setan tidak pernah saling menyakiti, bahkan selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Sedangkan manusia, jangankan peduli terhadap sesama, kebanyakan malah saling bunuh dan menyakiti.

5. Jenius
Setan itu paling pintar otaknya dalam mencari cara agar manusia tergoda. Sedangkan manusia banyak yang tidak kreatif, bahkan banyak yang jadi peniru dan plagiat.

6. Tanpa Pamrih
Setan itu bekerja 24 Jam tanpa mengharapkan imbalan apapun. Sedangkan manusia, apapun harus dibayar. Materi seharusnya bukanlah hal yang terpenting dalam hidup ini!

7. Suka berteman dan kompak
Setan adalah mahluk yang selalu ingin berteman, berteman agar banyak temannya di neraka kelak. Sedangkan manusia banyak yang lebih memilih mementingkan diri-sendiri dan egois. Manusia dalam mengerjakan sesuatu cenderung ingin menonjolkan kemampuannya sendiri dibanding bekerja sama dengan orang lain.


Ntuuuuuuuuu kan.....,???


"masa kita kalah sama Syetan ???


Jangan sampai yah !!!!"


^_^

Semoga yang ringan ini bermanfaat,

Tetap Semangat



sampai akhir hayat

dan

tetap istiqomah

sampai alam barzah........



----- *Jangan Lupa Komentarnya ya?* -----

Class pada Bahasa Pemrograman JAVA




Class pada JAVA terbentuk atas atribute (variabel/ciri-ciri) danbehaviour (fungsi).
Contoh :
Class : HP
Objek : HP Nokia, HP SonyEricson, HP Samsung
Atribut : bentuk, warna, ukuran, berat
Fungsi : SMS, telpon, camera, recording
Dalam pemrograman JAVA, program selalu diawali oleh Class
contoh 1 : Program sederhana
//awal memulai program java selalu dengan class
//contoh dengan nama Coba
public class Coba {
    //memulai penulisan method selalu menggunakan void
    //method bernama main
    public static void main (String[] args{
          //menulis fungsi untuk mencetak
          System.out.println(" STMIK El-Rahma ");
    //akhir dari method main
    }
//akhir dari class Coba
 }
Hasil : STMIK El-Rahma


Contoh 2: Program dengan objek
// membuat class objek dengan nama Kampus
class Kampus {
    //mendefinisikan variabel nama dan tahun
    string nama;
    int tahun;
//akhir class Kampus
{
//memulai program dengan nama class Coba
public class Coba {
     //memulai penulisan method selalu menggunakan void
     //method bernama main
     public static void main (String[] args{
         //membentuk objek dari Kampus dengan nama sekolah
         Kampus sekolah = new Kampus;
            //mengisi objek sekolah dengan variabel dari Kampus
            sekolah.nama = " STMIK El-Rahma ";
            sekolah.jurusan = Teknik Komputer;
           //menulis fungsi untuk mencetak
           System.out.println(" Kampus = " + sekolah.nama);
           System.out.println(" Jurusan = " + sekolah. jurusan);
    //akhir dari method main
    }
//akhir dari class Coba
}
Hasil :
kampus = STMIK El-Rahma
Jurusan = Teknik Komputer
 
 
 
Contoh 3: Program dengan method pada class
// membuat class objek dengan nama Kampus
class Kampus {
    //mendefinisikan variabel nama dan tahun
    //dengan memberikan nilai
    string nama = "STMIK El-Rahma";
    string jurusan = Teknik Komputer;
   //membentuk method/fungsi dengan nama Cetak
   void Cetak(){
        //menulis fungsi untuk mencetak
       System.out.println(" Kampus = " + nama);
       System.out.println(" Jurusan = " + jurusan);
  //akhir dari blok method
  }
//akhir class Kampus
}
//memulai program dengan nama class Coba
public class Coba {
 
    //memulai penulisan method selalu menggunakan void
    //method bernama main
     public static void main (String[] args{
 
        //membentuk objek dari Kampus dengan nama sekolah
        Kampus sekolah = new Kampus;
 
       //memanggil method Cetak
       sekolah.Cetak();
 
      //akhir dari method main
    }
//akhir dari class Coba
}
 
Hasil :
kampus = STMIK El-Rahma
Jurusan = Teknik Komputer



----- *Jangan Lupa Komentarnya ya?* -----